
- Rapat Persiapan Pembentukan Panitia HUT RI ke 80 tahun 2025
- Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Kemiri
- dialog interaktif bertema \"Menjalin Toleransi Umat Beragama\"
- penyerahan Surat Keputusan (SK) Penetapan Penerima Bantuan Iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan
- Sosialisasi dan Pembentukan Tim Pelaksana Pengisian Perangkat Desa
- Penetapan Nilai Bobot Pengabdian dan Calon Perangkat Desa. Bertempat di Balai Desa Kedung Pomahan Kulon
- Seleksi Komputer Pengangkatan Perangkat Desa di Desa Kedung Pomahan Kulon Kecamatan Kemiri
- Sosialisasi dan Persiapan Bantuan Keuangan (Bankeu) bersifat khusus Kepada Pemerintah Desa (KPD) untuk Bidang Jalan
- Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala Dusun I Desa Girimulyo Kecamatan Kemiri
- Rakor Percepatan Penerbitan Akta Pendirian Koperasi Merah Putih Purworejo
Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo
Pemkab Purworejo Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan
Berita Terkait
- Rapat Koordinasi Percepatan Penyerahan Arsip Statis Perangkat Daerah Digelar di Purworejo0
- SMPN 18 Kemiri Mendapat Program Makan Bergizi Gratis dari Pemerintah Pusat0
- Polsek Kemiri Launching Penguatan Program Pekarangan Pangan Lestari di Desa Rejowinangun0
- Muskab KORPRI Kabupaten Purworejo Tahun 2026 Digelar, Ketua dan Pengurus Baru Terpilih0
- Peringati HPSN 2025, Pegawai Kecamatan Kemiri dan Siswa SMK Nurus Salaf Kerja Bakti Bersih Lingkungan0
- Bimtek Program Pengendalian Gratifikasi Digelar di Purworejo0
- Kapolres Purworejo Pimpin Penanaman Jagung Bersama Masyarakat Bedono Karangduwur0
- Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Purworejo Bahas Penanggulangan Kemiskinan0
- Sosialisasi Opsen PKB dan BBNKB0
- Penyerahan Bantuan Beras ASN dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 1940
Berita Populer
- Sambutan Camat Kemiri pada pemakaman Kepala Desa Kedung Pomahan Kulon
- Serah Terima Jabatan Kepala Desa dari Pejabat Kepala Desa Lama kepada Pejabat Kepala Desa Baru Tahun 2019
- Selamatan Ruwatan dan Ziarah Desa Loning
- Jalan Sehat Menuju Curug Silumut Desa Loning Tahun 2019 Kecamatan Kemiri
- Monitoring Ke Wisata Watu Belah Purbayan pada pasca Libur Lebaran 2019
- Pisah sambut Sekretaris Camat Kemiri Oleh PPDI Kecamatan Kemiri
- BIMTEK PENGELOLAAN KEUANGAN PPS
- Persiapan Lomba Toga Taga Kecamatan Kemiri mewakili Kabupaten Purworejo Tahun 2020
- Akhirusanah dan Pelepasan Kelas VI MI GUPPI AT TAQWA Desa Waled Tahun 2019
- Pembinaan PKK Desa Rejosari Oleh PKK Kecamatan Kemiri
Keterangan Gambar : Pemkab Purworejo Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan
PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten Purworejo menggelar kegiatan pendampingan penyusunan standar pelayanan perangkat daerah pada Rabu, 26 Februari 2025 di Ruang Arahiwang Setda Kabupaten Purworejo. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga selesai ini dihadiri oleh para pegawai yang menangani pelayanan publik dari berbagai instansi di lingkungan Pemkab Purworejo, termasuk perwakilan dari Kecamatan Kemiri, yaitu Ibu P Eko Winarni, S.IP (Kasi Pembangunan) dan Ahmad Muzakki, S.E.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Purworejo dengan menyusun standar pelayanan yang jelas dan terukur.
Poin-poin Penting dari Kegiatan:
- Pembukaan oleh Pj Sekda:
- Pj Sekda menekankan pentingnya efisiensi anggaran dalam pelayanan publik.
- Dasar hukum standar pelayanan adalah UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
- Standar pelayanan akan menjadi indikator penilaian kinerja pada tahun 2026.
- Standar pelayanan, sesuai Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014, merupakan tolok ukur kualitas pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
- Pelayanan publik adalah "etalase" pemerintah daerah.
- Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Standar Pelayanan:
- Narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah memberikan sosialisasi dan bimtek terkait penyusunan standar pelayanan.
- Standar Pelayanan (SP) bertujuan memenuhi kebutuhan perangkat daerah, sementara Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Penyusunan SP harus melibatkan Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan mengundang berbagai pihak, termasuk masyarakat.
- Dasar hukum SP adalah dasar pemberian layanan, tidak harus undang-undang.
- Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) didasarkan pada SP dan pelaksanaan FKP.
- Penyusunan SP sebaiknya melibatkan pihak eksternal melalui FKP.
- SP dibuat berdasarkan permintaan pengguna layanan, kemudian diikuti dengan penyusunan SOP.
- SP baru menggantikan SP lama, dan harus mencantumkan pernyataan bahwa SP lama tidak berlaku.
- SP berisi kegiatan yang dilaksanakan masyarakat dengan jaminan waktu maksimal, sedangkan SOP berisi kegiatan pelaksana layanan dengan waktu maksimal.
Dampak dan Harapan:
Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan standar pelayanan yang lebih baik, sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kabupaten Purworejo. Pemerintah Kabupaten Purworejo berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.